Senin, 16 Juli 2012

Stalking (1)


Selamat malam, tuips. Eh, pembaca. Eh, emang ada yang baca? Anggap aja ada.

Di malam yang berbahagia namun mengantukkan ini, aku jadi pengen ngebahas tentang sesuatu yang sudah tidak asing lagi di kalangan para kepoers di muka bumi ini; yaitu 'stalking'. Karena... Anda memasuki WIBS! Waktu Indonesia Bagian Stalking.


Berikut ini adalah definisi stalking tersebut dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Inggris). Ga ada sih KBBInggris, ngaco aja biar lucu:


diambil dari www.thefreedictionary.com


nih dari google translate

Stalking, seperti yg telah disebutkan di atas, memiliki arti yaitu menguntit, atau mengikuti, tapi beda sama 'following'. Stalking ini biasanya digunakan orang-orang dulu untuk menguntit seseorang di dunia nyata, tapi di zaman sekarang, stalking lebih sering dilakukan di dunia maya. Masih ada sih orang jaman sekarang yang hobinya nguntit, tapi mahkluk modern masa kini sifatnya lebih tertutup dan malu-malu, sehingga lebih nyaman jika mereka memantau tanpa ada yang mengetahui, apalagi yang distalk.


Tapi ada lho jaman sekarang yang tau kalo distalk, bangga malah kalo distalk. Itu tandanya ada yang masih perhatian (ah...akhirnya) sama kita. Seperti dahulu, tiap ngestalk pasti ngetwit: *ngestalk* "duh kangen nih, ngestalk ah", "*ngestalk* cie ada yg kangen...", dst, etc, ah lupakan. Ini jadi curhatan owner blog ini namanya.


Baiklah, chipow punya unek-unek yang mungkin bermanfaat dalam staking, baik jasmani, rohani, maupun rohayati. Agak sedikit berpaham sih, tapi ini berdasarkan pengalaman pribadi (eh) atau cerita-cerita para rekan PSSI (Persatuan Stalker Seluruh Indonesia) atau para rekan sejawat yang bertugas di WSO (World Stalking Organization) yang bermarkas di Managua, Nikaragua.


Basic Stalking (Stalking tingkat dasar)
  1. Yang jelas, pertama-tama ente harus tau dulu nama siapa yang distalk. Ini sesuatu yang paling paling paling super duper dasar dalam ngestalk. Nenek-nenek sampoan aja tau ini. Harus sesuai dengan apa yang ada di kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR) yang distalk. Nama bekennya juga boleh, tapi harus teliti dan hati-hati nyarinya. Kalau nama beken, usahakan nama beken beliau harus bener-bener beken dan unik, biar gampang nyarinya.
  2. Ini tahapan yang paling basic dari stalking: Google nama beliau! Semua stalker newbie tahu itu. Manatau ada nama yang sama dengan yg distalk trus kali aja nyantol. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah yang ia lakukan di dunia maya; mungkin beliau termasuk orang yang aktif di jejaring sosial, maka Anda adalah orang yang beruntung. Agak sulit untuk ngestalk orang yang jarang update dan lebih sering tidur di rumah, atau yang jarang aktif paket internetnya. A moment of silence.
  3. Jika orang yang Anda stalk adalah rekan kerja/sekolah Anda, Anda termasuk orang yang beruntung level II. Paling tidak Anda sudah memiliki relasi yang lumayan baik dengan beliau dengan memfollownya di twitter/added friends on facebook/followed on tumblr. Tidak ada keraguan dari masing-masing Anda untuk saling menjadi 'teman' di dunia maya.

Cara ngestalk facebook:

  • Add as friend, dong. itu adalah satu hal yang wajib dilakukan dalam ngestalk. ingin identitas anda tidak diketahui oleh yang distalk? mau tak mau anda harus membuat akun baru (akun khusus ngestalk), atau numpang online facebook di akun rekan Anda yang already friends with him/her. Hal yang terakhir tadi agak sedikit merepotkan, maka dari itu semua terserah Anda saja deh.
  • Buka timeline fbnya! Hari gini masih 'profile fb'? Obrak-abrik semua section, mulai dari About Me sampai Likes/Group yang beliau gabungi. Pahami, hayati, dalami. Lebay.
  • Anda pasti mengenali paling tidak 2-3 orang rekan dekat beliau. Jika sebelumnya Anda tidak mengetahui akun beliau, coba pertama-tama cari akun teman dekatnya, lalu buka 'friends' nya. Jika nama beliau muncul saat Anda search di 'kolom pencarian teman' rekan beliau, Anda termasuk beruntung level II.1. Jika Anda tidak menemukannya, hanya ada dua kemungkinan; 1) beliau gak punya facebook, atau 2) beliau mencantumkan nama alay di akun facebooknya.
  • Ehm, buka dong Photos of Me nya, atau Photo Albums nya. Kalau perlu save images, save images dah. Jika Photos of Me beliau kebanyakan foto-foto hasil tag-an online shop dengan baju-baju wanita, gelang-gelang, jersey bola, atau bahkan berbagai jenis henpon, maka Anda termasuk orang merugi level III. Kalau banyak foto beliaunya...Heaven! Selamat ngesave images! :))
  • Merasa koleksi foto dalam album foto/photos of me beliau terlalu sedikit? Coba buka photos of me/photo album teman dekat beliau. Kali aja ada foto-foto beliau yang belum di-tag-in ke beliau. Jika Anda bukan teman dari rekan beliau (haish ribet amet), maka berdoalah semoga teman dekat beliau tidak memprivatekan  album foto atau photos of me mereka. Pada stage ini, jika Anda beruntung, Anda termasuk beruntung level IV.
  • Jika Anda termasuk orang yang memiliki tingkat diligensi yang tinggi, maka apa salahnya mencoba 'scroll timeline facebooknya sampe tangan lepas'. Bisa dilihat di sana status-status beliau mulai dari beliau membuat facebook, bahkan dari beliau membuat update di facebooknya "xxx is now using Facebook in English".

Cara ngestalk twitter dan berbagai macam tips ngestalk lainnya akan dibahas di Stalking (2), dengan alasan Chipow sudah mengantuk tantee. Don't miss it, pret.



Kalau ada yang mau berbagi informasi dan tips lebih ampuh lagi dalam hal ngestalk, bisa hubungi owner (chipow), karena berbagi itu indah, Cherrybelle itu bersembilan.


Aaaak... *kemudian tenggelam di lautan mimpi*